Beranda » Blog » Mengapa Kamu Harus Update SSD? Ini Dia Perbeaan Harddisk Dengan SSD!

Mengapa Kamu Harus Update SSD? Ini Dia Perbeaan Harddisk Dengan SSD!

Diposting pada 23 April 2022 oleh Tim Redaksi Norton Bali Computer / Dilihat: 128 kali

Halo Sobat Norton!

Beberapa dari kalian pasti tidak asing dengan yang namanya hardisk dan ssd,dan Banyak dari kalian masih bingung perbedaan hardisk dengan ssd,

Hdd atau Hardisk adalah sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan data di sebuah komputer atau laptop. OS, software dan kebanyakan file semua disimpan di drive hard disk.

Solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan generasi baru yang digunakan di komputer. SSD menggantikan hard disk mekanis tradisional dengan menggunakan memori berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

kalian masih bingung perbedaan HARDISK DAN SSD?, Kali ini mimin kasih penjelasan yuk di simak!

1. Ukuran

Jika dilihat dari segi ukuran, HDD atau Hardisk memiliki ukuran yg besar dan berat sedangkan jika ssd memliki ukuran yang kecil

2. Kecepatan

Jika kecepatan PC yang dilengkapi SSD akan melakukan booting dalam waktu kurang dari satu menit, seringkali hanya dalam hitungan detik. Hard drive memerlukan waktu untuk mempercepat spesifikasi pengoperasian, dan akan terus lebih lambat daripada SSD selama penggunaan normal.

Nah, kecepatan dalam proses baca dan tulis data ini memudahkan Anda dalam sejumlah hal. Mulai dari membuka program dengan cepat, tak perlu lama menunggu proses booting, sampai membantu Anda membuka banyak program secara bersamaan tanpa ada lag.

3. Daya Tahan

Ssd punya teknologi TRIM command yang bisa mengoptimasi TBW. Sehingga, SSD bisa memperbaharui sistem setiap akan mulai pemrosesan data,Dengan sistemnya ini, SSD bisa lebih awet dan TBW-nya lebih bisa diketahui. Hal tersebut membuat SSD jadi lebih mudah untuk diupgrade sebelum benar-benar rusak. Menurut perkiraan, SSD bisa awet kira-kira selama 10 tahun.  Sama seperti SSD, HDD juga punya batas maksimal pemakaian. Batas itu bernama Mean Time Between Failure (MTBF). Setiap pemrosesan data akan membuat MTBF makin dekat. Jadi, Anda harus mengganti HDD ketika mencapai MTBF. sayang nya MTBF tidak bisa diprediksi secara pasti,umur pemakaian HDD hanya sekitar 3 hingga 5 tahun saja.

4. Harga

Karena harga SSD lebih mahal, Kebanyakan orang menggunakan ssd 120gb sampai 1 tera untuk menyimpan microsof windows dan drive utama bagi system.dan hardisk di digunakan untuk menyimpan file-file yg besar.

5. Cara Kerja

Perbedan cara kerja hardisk  dan ssd yaitu di dalam teknologinya Jika hardisk menggunakan piringan cakram, ssd menggunakan chip atau flash memory.

Oleh karena itu hardisk memproses data dengan sistem mekanik. Sistem ini membuat hardisk membaca file dalam satu gerakan piringan. Artinya, data diproses dengan jeda.Sedangkan, ssd memproses data dengan sistem digital. Sistem digital dalam ssd memproses data dengan transfer partikel dalam chip. Jadi, tidak ada jeda dalam pemrosesan data.

Nah itu dia penjelasan tentang perbedaan hardisk dan ssd,semoga bisa bermanfaat bagi Komputer kalian tentunya, dan jika kalian mau artikel lainnya, kalian kunjungi terus Website nya NORTON BALI KOMPUTER 2 di bawah ini

http://nortonbali.com/

Dan jika kalian mau mencari peralatan IT ataupun Akseroris Hp/Komputer kalian bisa langsung datang ke toko kami NORTON BALI KOMPUTER & SMARTPHONE  2

Lokasinya ada di Taman Griya, Jl.Batur Raya No.49C, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Atau kalian juga bisa cek Toko Online kami dibawah

Shopee: https://shopee.co.id/nbc02
TokoPedia: https://www.tokopedia.com/nbcs?source=universe&st=product 

ThankYou

 

Bagikan ke

Mengapa Kamu Harus Update SSD? Ini Dia Perbeaan Harddisk Dengan SSD!

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Mengapa Kamu Harus Update SSD? Ini Dia Perbeaan Harddisk Dengan SSD!

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: