Beranda » Blog » Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet, Auto Ngebut

Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet, Auto Ngebut

Diposting pada 3 January 2022 oleh admin / Dilihat: 95 kali

Hai sobat Norton kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi laptop lemot anti ribet, oke langsung saja kita mulai pembahasanya, Kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot akan cukup mengganggu penggunaan laptop, apalagi untuk keperluan yang penting. Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Hampir seluruh kegiatan belajar hingga pekerjaan sangat membutuhkan penggunaan laptop. Saat laptop sobat Norton  mulai lemot, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru. Karena masih ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang mungkin saja akan membantu sobat norton.

 Penyebab Laptop Lemot
Sebelum membahas mengenai cara mengatasi laptop yang kinerjanya mulai melambat, tidak ada salahnya untuk membuka terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan penyebab dari laptop yang mulai lemot.

Bisa saja salah satu penyebab laptop lemot yang disebutkan di bawah ini ditemukan pada laptop sobat norton:
– Kinerja laptop terlalu berat yang disebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan dan akan aktif saat laptop dinyalakan.

– Kapasitas hard disk sudah terlalu penuh sehingga kinerja laptop menjadi lebih berat.

– Hard disk yang sudah lama atau usang akan memengaruhi performa laptop menjadi lebih lemot.

– terlalu banyak temporary files yang memakan ruang hard disk dan menjadikan laptop lebih lambat

– Terdapat program berat yang tidak didukung oleh processor laptop sehingga menjadi sangat lambat.

– RAM laptop yang terlalu kecil.

– Laptop yang sudah tua.

– Terkena serangan virus.
Itulah beberapa kemungkinan penyebab dari menurunnya kinerja laptop. Mengetahui penyebab pastinya mengapa laptop menjadi lemot, akan sangat membantu sekali saat harus mengatasinya dengan tepat.

Cara Mengatasi Laptop Lemot
Penggunaan yang sudah melewati batas maksimum bisa menyebabkan laptop ngelag atau freeze. Perhatikan cara-cara yang akan dibahas di bawah ini untuk mengembalikan kinerja laptop Anda yang sudah lemot.

1. Gunakan Antivirus
Alasan yang paling sering ditemui saat laptop menjadi lemot adalah karena terserang virus atau malware. Untuk mencegah penurunan performa laptop, usahakan Sobat Norton memasang antivirus terbaik untuk menghindari serangan dari segala macam virus.

2. Gunakan Aplikasi Sesuai Sesifikasi Laotop
Saat ingin membeli laptop, pastikan Sobat Norton sudah mengetahui spesifikasi laptop yang akan dibeli. Dengan begitu, sobat Norton bisa menyesuaikan dengan penggunaan sehari-hari.
3. Uninstall Aplikasi Tidak Digunakan
Menginstal aplikasi terlalu banyak bisa menjadi penyebab kinerja laptop menurun dan membuat lemot. Agar laptop tidak lemot, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kapasitas Drive C yang penuh akan membuat sistem pada laptop menjadi lebih lama saat membaca hard disk.

4. Bersihkan Desktop Dan Aplikasi Saat Startup
Menyimpan banyak aplikasi di desktop bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika spesifikasi laptop mendukung, maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar.

5. Tambah RAM
Jika sobat Norton membeli laptop dengan kapasitas RAM yang rendah seperti 4 GB, Anda bisa menambahkannya menjadi RAM 8 GB atau RAM 16 GB.

6. Ganti Memori HDD Ke SSD
Laptop lemot bisa disebabkan oleh penggunaan hard disk HDD yang memiliki kecepatan data lebih lambat dibandingkan dengan penyimpanan SSD.

7. Gunakan Cooling Pad
Suhu laptop yang panas dapat membuat kinerja laptop menjadi lebih lambat. Maka sobat norton bisa menggunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bisa menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas.

8. Bersihkan Driver C
Saat laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya juga pasti akan ikut menurun. Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat laptop lemot adalah dengan rutin membersihkan Drive C.
sobat norton bisa mengecek dan memilih aplikasi-aplikasi yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan. Lakukan uninstal agar bisa meningkatkan kinerja laptop sobat norton.

9. Lakukan Reset Windows
Reset windows bisa menjadi solusi ketika laptop terasa berat dan lambat. Apalagi jika laptop yang digunakan merupakan laptop yang sudah tua.

Jika cara-cara di atas masih membuat laptop sobat Norton masih lemot, sobat Norton bisa bawah ke toko kami. Link dan no wa toko kami ada dibawah :
shopee: https://shopee.co.id/nbc02
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/nbcs?source=universe&st=product
alamat toko: Taman Griya, Jl.Batur Raya No.49C, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
no wa : 08113819012
IG ;NBCS2
Sekian Artikel Mimin kali ini semoga bermanfaat yaa! See you in next artikel Sobat Norton!

Bagikan ke

Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet, Auto Ngebut

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet, Auto Ngebut

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: