Beranda » Blog » 7 Tips Memilih RAM yang Tepat untuk Motherboard Laptop

7 Tips Memilih RAM yang Tepat untuk Motherboard Laptop

Diposting pada 19 February 2022 oleh admin / Dilihat: 180 kali

Hai Sobat Norton!

Apakah kalian sedang mencari ram yang tepat buat laptop kamu?, Selain prosesor dan ssd, ada satu hal lain yang akan menentukan kecepatan komputer.  yaitu RAM yang mempunyai fungsi penting untuk membantu kinerja prosesor dalam memproses aplikasi di laptop.

Karena itulah, kalau kamu ingin memilih laptop yang bagus sebaiknya kamu memilih ram yang besar dan kecepatan ram kencang. Dan juga pastikan memilih RAM yang tepat. Sekarang ada banyak varian RAM yang ada di pasaran, dan Jenis-jenis RAM yang ada diantaranya mulai dari DDR3, DDR4, hingga DDR5. Itu pun masih belum ditambah dengan perbedaan kapasitas RAM mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dst. oleh karena itu mimin akan memberikan cara memilih ram laptop yang tetap, berikut ulasannya.

Ketahui Tipe RAM dan Motherboard


Pilih memori RAM yang sesuai dengan spesifikasi desktop PC Anda. Seperti jika motherboard PC Anda mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda. Selain itu, kemampuan motherboard pun harus disesuaikan.

Jika Anda memiliki motherboard dual channel 8GB dengan clock 1.333 MHz, maka RAM berkapasitas 16 GB dengan clock 1.866 MHz tidak dapat Anda pasang karena kinerjanya tidak akan maksimal dan membuat PC atau laptop menjadi tidak stabil Lalu, jika untuk slot RAM pada motherboard yang dual channel pun disarankan menggunakan 2 keping. Jika ingin menambahkan RAM 2 GB, maka belilah dua RAM 1 GB.

Ketahui Jumlah Slot RAM yang Tersedia


Pilihlah memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak dapat digunakan. Sebagian besar motherboard mempunyai 2 atau 4 slot pemasangan RAM. Anda bisa memanfaatkan semua slot itu untuk memasang RAM yang sudah dibeli.

 

 

 

Ketahui Apa Tipe dan Frekuensi RAM Sebelumnya


Tidak semua motherboard mendukung kecepatan frekuensi pada memori RAM. Dengan begitu, Anda harus mengetahui tingkat kemampuan motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi dari RAM.

Disamping motherboard, prosesor pun harus sesuai dan mampu menopang kecepatan frekuensi dari RAM yang Anda beli, misalnya untuk tipe RAM DDR tertentu seperti DDR3 dengan maksimal speed 1066 – 1600 Mhz untuk mode standar dan 1866 -3000 MHz untuk overclocking. Untuk mengetahui kemampuan tersebut, Anda dapat melihatnya dengan masuk melalui BIOS ketika pertama kali PC atau laptop dinyalakan.

 

Perhatikan Nomor Seri RAM


Perhatikan nomor seri yang ada pada RAM tersebut. Umumnya, di setiap RAM terdapat nomor seri, menAndakan apakah RAM tersebut jenis DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4. Jika Anda ingin membeli RAM sebanyak 2 buah, pastikan RAM tersebut sama jenis.

Misalnya, jika Anda membeli RAM PC12800 maka harus membeli RAM satunya dengan nomor seri yang sama. Jika berbeda, biasanya RAM tersebut tidak pas atau berbeda dengan slot RAM yang ada pada motherboard

Ketahui Socket yang Digunakan

Tips memilih RAM selanjutnya adalah memperhatikan socket, karena jika salah berarti Anda tidak dapat menggunakannya, dan membuang uang saja. Sebelum membeli RAM, pastikan bahwa jenis tersebut mendukung slot pada motherboard PC atau komputer Anda.

Jika Anda memiliki PC atau laptop dengan slot DDR2, maka Anda harus mencari RAM yang menggunakan slot DDR2 agar bisa dipasang. Jika membeli RAM jenis lainnya tentu saja tidak dapat Anda gunakan.

 

Gunakan Heat Spreader


Untuk Anda yang biasa menggunakan PC atau laptop dalam jangka waktu lama, lebih baik Anda membeli RAM yang sudah dilengkapi dengan heat spreader.

Sekalipun harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan memori stAndar, namun performa dan kestabilan yang dihasilkan sangatlah baik

 

Merek dan Garansi RAM


Di pasaran, ada banyak sekali produsen yang membuat RAM. Sebaiknya Anda memilih RAM dari merek yang populer agar kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Selain itu, vendor RAM yang Anda pilih pun harus memiliki reputasi yang baik karena berpengaruh pada layanan purna jual yang akan menangani saat terjadi kerusakan.

Hindari pula membeli RAM dengan chip aneh, atau pembuatnya yang tidak diketahui. Beberapa merek seperti Infineon, Samsung, Corsair atau Visipro dapat Anda pilih karena kualitasnya telah terbukti bagus. Bahkan Samsung juga sudah diakui dan digunakan di banyak produk.

Nah, itulah tadi cara memilih ram laptop yang tetap buat kamu, kalau kamu memang ingin menaikan kinerja laptop kamu dengan membeli ram baru itu mungkin akan tidak sangat efektif karena ram hanya bekerja untuk memproses data sementara saja, jika kamu ingin memaksimalkan kinerja laptop kamu, kamu sebaiknya membeli laptop baru atau merakit pc sendiri.

Jika kamu memang ingin membeli Produk IT seperti aksesoris Laptop, dan aksesoris Pc kamu bisa klik link yang kami sediakan di bawah ini:
Shopee: https://shopee.co.id/nbc02
TokoPedia: https://www.tokopedia.com/nbcs?source=universe&st=product
Demikianlah artikel dari mimin semoga bisa membantu kamu dalam memilih ram laptop kamu, sekian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Bagikan ke

7 Tips Memilih RAM yang Tepat untuk Motherboard Laptop

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

7 Tips Memilih RAM yang Tepat untuk Motherboard Laptop

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: